Pages

Tayangan Laman

Our Partners

Resources

Bookmarks

WELCOME TO THE ANDRE PRASETYA'S BLOG

Diberdayakan oleh Blogger.

be creative

gambar

Bimbingan Belajar dan Privat Matematika untuk Siswa - Siswi SD, SMP dan SMA Sarolangun - Jambi

On Minggu, 12 Februari 2012 0 komentar

Daftar Distribusi Frekuensi Data Berkelompok

        Seringkali data tunggal yang kita peroleh dari pengumpulan data merupakan data tunggal yang banyak. Untuk memudahkan membaca data tunggal yang banyak, maka data seperti itu disajikan ke dalam daftar distribusi frekuensi data berkelompok . Berikut ini adalah data berat badan siswa kelas XI IPA.

        Beberapa istilah penting dari daftar distribusi frekuensi data berkelompok.
a) Kelas
         Kelas adalah interval suatu data yang memuat beberapa data.Tabel di atas memuat 5 kelas, yaitu pertama 39-42, kelas kedua 43-46, dan seterusnya.

b) Batas Kelas 
         Pada setiap kelas, nilai terkecil disebut batas bawah kelas dan nilai terbesar disebut batas atas kelas. Sebagai contoh, pada kelas interval 39-42, 39 merupakan batas bawah kelas dan 42 merupakan batas atas kelas.

c) Tepi Kelas 
         Tepi kelas adalah setengah dari jumlah batas atas dan batas bawah dua kelas interval yang berurutan. Sebagai contoh, kelas pertama 39-42 dan kelas kedua 43-46 , maka tepi kelas adalah 0,5(42 + 43) = 42.5 yang merupakan  tepi atas kelas pertama dan juga merupakan tepi bawah kelas kedua.

d) Panjang Kelas 
        Panjang kelas disebut juga lebar kelas atau interval kelas, yaitu selisih antara tepi atas dan tepi bawah dari tiap kelas dalam kelas interval yang sama. Sebagai contoh, data yang disajikan pada daftar distribusi frekuensi diatas, mempunyai panjang kelas 4.

e) Titik Tengah Kelas
          Nilai titik kelas adalah setengah dari jumlah batas bawah kelas dan batas atas kelas. Sebagai contoh, kelas interval 39-42 mempunyai titik tengah 0,5(39 + 42) = 40,5. Selisih tiap titik tengah kelas yang berurutan sama dengan panjang kelas.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Popular Posts

Pengikut